Home » » Diplomasi Indonesia Era Kerajaan Nusantara

Diplomasi Indonesia Era Kerajaan Nusantara

Diplomasi Era Kerajaan Sriwijaya
Menurut catatan dari I Tsing kerajaan ini sudah berdiri sejak tahun 671 M. Sriwijaya merupakan symbol kebesaran Sumatra awal, dan juga sebagai kerajaan besar nusantara. Kerajaan sriwijaya merupakan pusat perdagangan dan juga sebagai Negara maritime. Sriwjaya tumbuh dan berhasil mengendalikan jalur perdagangan maritime di selat Malaka, selat Sunda, Laut Cina Selatan, laut Jawa, serta selat Karimata. Hal ini menjadi bukti bahwa diplomasi kerajaan sriwijaya cukup kuat. Berdasarkan prasasti Kota Kapur, Sriwijaya pada masa pemerintahan Sri Jayanasa telah melakukan ekspedisi militer ke pulau Jawa karena dianggap tidak mematuhi dan berbakti pada pemerintahan Sriwijaya.
Karena ekspansi kerajaan ini ke semenanjunga Malaya dan pulau Jawa, membuat Sriwijaya dapat mengontrol dua pusat perdagangan utama di Asia Tenggara. Di Kamboja dan Thailand juga didapati reruntuhan candi-candi peninggalan kerajaan Sriwijaya ini. Menurut sejarah, Maharaja Dharmasetu melakukan serangan ke kota-kota pantai di Indochina pada abad ke-7. Selain itu, untuk memperkuat posisinya atas penguasaan pada kawasan di Asia tenggara, Sriwijaya melakukan hubungan diplomasi dengan kekaisaran China, dan secara teratur mengantarkan utusan beserta upeti.
Karena kemasyuran kerajaan Sriwijaya sebagai pusat perdagangan di Asia Tenggara, membuat tingginya minat para pedagang muslim yang berasal dari Timur Tengah. Beberapa sumber menyebutkan bahwa akibat pengaruh muslim Arab di Sriwijaya, salah satu raja Sriwijaya yang bernama Indrawarman masuk islam. Tercatat beberapa kali raja Sriwijaya berkirim surat ke Khalifah Islam di Suriah.

Diplomasi Era Kerajaan Majapahit
Kerajaan Majapahit merupakan Negara Agraris sekaligus Negara perdagangan. Daerah kekuasaan Majapahit yakni meliputi Sumatra, semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, dan sebagian Kepulauan Filipina. Majapahit disebut juga mempunyai hubungan diplomatic dengan Campa, Kamboja, Siam, Birma bagian selatan, dan Vietnam. Selain itu Kerajaan ini juga pernah mengirimkan duta-duta nya ke Tiongkok. Penjalinan persekutuan dengan kerajaan Sunda dilakukan oleh Majapahit dengan melamar putri kerajaan tersebut sebagai permaisurinya.
Namun setelah hubungan diplomatic dan persekutuan dengan kerajaan Sunda tersebut, Gajah Mada sebagai Maha patih kerajaan Majapahit melihat hal itu sebagai peluang untuk menaklukkan kerajaan Sunda dibawah kerajaan Majapahit. Hal ini menyebabkan munculnya perang antara kedua Negara tersebut yang kerajaan Sunda dikalahkan oleh Majapahit. Perang ini dinamakan perang Bubat karena terjadi di lapangan Bubat.
Pada akhir abad ke-14 dan awal abad ke-15, pengaruh Majapahit di seluruh Nusantara mulai berkurang. Pada saat bersamaan, sebuah kerajaan perdagangan baru yang berdasarkan Islam, yaitu Kesultanan Malaka, mulai muncul di bagian barat Nusantara. Di bagian barat kemaharajaan yang mulai runtuh ini, Majapahit tak mampu lagi membendung kebangkitan Kesultanan Malaka yang mana pada pertengahan abad ke-15 mulai menguasai Selat Malaka dan melebarkan kekuasaannya ke Sumatera. Sementara itu beberapa jajahan dan daerah taklukan Majapahit di daerah lainnya di Nusantara, satu persatu mulai melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit.

Diplomasi Era Kerajaan Islam Nusantara
Islam sebagai sebuah pemerintahan hadir di Indonesia sekitar abad ke-12, namun sebenarnya Islam sudah sudah masuk ke Indonesia pada abad ke-7. Saat itu sudah ada jalur pelayaran yang ramai dan bersifat internasional melalui Selat Malaka yang menghubungkan Dinasti Tang di Cina, Sriwijaya di Asia Tenggara dan Bani umayyah di Asia Barat sejak abad 7. Menurut sumber-sumber Cina menjelang akhir perempatan ketiga abad ke-7, seorang pedagang Arab menjadi pemimpin pemukiman Arab muslim di pesisir pantai Sumatera. Islam pun memberikan pengaruh kepada institusi politik yang ada.
Penyebaran islam ini di dorong dengan adanya hubungan perdagangan di luar nusantara. Hal ini dikarenakan mubaligh-mubaligh penyebar agama islam tersebut mencari nafkah melalui perdagangan. Para mubaligh ini sampailah ke nusantara dan melakukan perdagangan dengan pedagang-pedagang dalam nusantara, hingga melalui cara berdagang ini para mubaligh tersebut menyebarkan islam pada pedagang-pedagang tersebut. Dari para pedagang ini kemudian tersebar juga ke penduduk lainnya. Dari sini kemudian muncullah kerajaan-kerajaan islam nusantara, seperti, Samudra Pasai, Kesultanan Banten yang menjalin hubungan diplomatik dengan negara-negara Eropa, Kerajaan Mataram di Jawa Tengah, dan Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore di Maluku di timur.
Kesultanan Islam kemudian semikin menyebarkan ajaran-ajarannya ke penduduk dan melalui pembauran, menggantikan Hindu sebagai kepercayaan utama pada akhir abad ke-16 di Jawa dan Sumatera. Hanya Bali yang tetap mempertahankan Hindu. Contohnya, ratu dari Champa yang bernama Darmawanti yang menikah dengan Kertawijaya yang menjadi raja di Majapahit pada tahun 1447 mengajak suaminya itu masuk islam. Pada masa kerajaan islam ini hubungan diplomasi dengan kekaisaran China berjalan dengan baik. Karena pada masa itu ada kaisar China yang beragama islam, yang kemudian mengirim panglima besar nya yakni Laksamana Chengho ke Indonesia untuk menjalankan islamisasi di pulau Jawa. Dapat disimpulkan bahwa kuatnya hubungan diplomatik nusantara pada masa kerajaan islam didorong dengan kuatnya keinginan untuk berdakwah dan menyebarkan agama islam di negeri ini.

Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Sriwijaya
http://id.wikipedia.org/wiki/Majapahit
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Indonesia#Kerajaan_Islam

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

1 komentar:

  1. Makasih min informasinya ,ini membantu saya ,
    kunjungi jg blog saya

    Myfauzivert.blogspot.com

    minta sarannya min , saya newbie .

    BalasHapus