Home » » POLITIK DAN PEMERINTAHAN AFGANISTAN DAN KANADA: SUATU PERBANDINGAN POLITIK

POLITIK DAN PEMERINTAHAN AFGANISTAN DAN KANADA: SUATU PERBANDINGAN POLITIK

Politik dan Pemerintahan Negara Afganistan
            Sebelum mengenal sistem politik dari negara Afganistan, alangkah baiknya kita mengenal negara nya terlebih dahulu. Afganistan adalah negara yang berada di Asia Tengah, namun karena kedekatannya dengan plato Iran, kadang-kadang negara ini disebut sebagai bagian dari negara timur tengah. Negara afganistan merupakan salah satu negara termiskin didunia. Dari data worldfactbook pendapatan perkapita negara ini pada tahun 2009 adalah US$ 1000. Negara ini merdeka pada tanggal 19 agustus 1919 dibawah control Inggris untuk urusan luar negeri Afganistan. Penduduk negara ini beragama mayoritas muslim dengan presentase 99% muslim dan 1% agama lain seperti kristiani, budha, dan lain-lain. Dengan melihat keadaan penduduk yang mayoritas muslim tersebut, maka tidak dipungkiri bahwa negara ini berbentuk Republik Islam, dengan nama konvensionalnya Islamic Republik of Afghanistan.
            Sistem politik yang legal di Afganistan adalah berdasarkan campuran sipil dan syariah islam. Tipe pemerintahan negara ini adalah republic islam. Pemimpin negara ini sama seperti pemerintahan di negara demokrasi presidential, yakni, presiden sebagai kepala negara juga merangkap sebagai kepala pemerintahan. Cara pemilihan kepala pemerintahan yaitu dengan pemberian suara (voting) secara langsung, yang mana jika tidak ada kandidat yang mencapai 50% suara, maka pemilihan diulang sekali lagi dengan antara dua kandidat yang mempunyai suara terbanyak. Berdasarkan data worldfactbook, pada tanggal 20 agustus 2009 pemilu menghasilkan suara terbersar untuk Hamid Karzai sebanyak 49,67% suara.
            Sistem demokrasi Afganistan diatas tentunya mempunyai pengaruh dari barat, terutama Amerika Serikat. Ini dikarenakan banyaknya campur tangan Amerika dalam setiap konflik yang terjadi di Afganistan, terutama konflik dengan Taliban. Keterlibatan wanita dalam politik dan pemerintahan di negara ini juga cukup besar. Hal ini bisa dilihat dari pernyataan salah seorang ahli politik dan juga akan mencalonkan diri sebagai kandidat parlemen baru-baru ini setelah kembali dari studinya di Kanada dan Asia Tengah, Janan Mossazai, yaitu, dari 33 kursi di Kabul maka 9 orang diantaranya harus wanita.
Selain itu, perpolitikan kaum wanita di Afganistan juga tampak pada Farkhunda Naderi yang merupakan anak dari pemimpin spiritual sekte Ismail Afganistan, ia menyatakan bahwa hak-hak wanita belumlah cukup sampai mereka juga mempunyai hak-hak politik, namun konstitusi para wanita tetap berlandaskan hukum islam, sehingga wanita juga mengetahui hak-hak islami mereka. Dalam syariat islam yang juga dipakai dalam legal sistem nya negara Afganistan ini, memang tidak melarang kaum wanita hadir dalam dunia perpolitikan. Hal ini dapat dilihat dari pernyataan Said Aqiel Siradj yang merupakan ahli politik islam Indonesia dan pernah menuntut ilmu di Arab, dalam tulisannya di Islam Kebangsaan (1999:8-9), bahwa realitas kepemimpinan istri Rasulullah saw, Aisyah, pada masa awal perkembangan islam pernah menjadi panglima perang dalam perang jamal. Selain itu, kepemimpinan ratu Balqis dimasa nabi Sulaiman as juga diabadikan dalam Al-Quran yang dikenal dengan “baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur” (negeri yang adil, makmur, aman, dan sentosa).
            Partai di Afganistan ini sangat banyak, dan sebagian besar tentunya merupakan partai islam. Selain itu di Afganistan juga terdapat kelompok penekan dan penguasa yang diantaranya adalah kelompok religious, pemimpin-pemimpin suku, dan kelompok Taliban.
            keamanan tetap menjadi fokus utama di Afganistan. Rekomendasi pertama pada laporan pemerintah Maret 2009 menyoroti pentingnya memadukan keamanan penduduk dengan membentuk pemerintahan lokal yang efektif, dan pembangunan ekonomi. Pemikiran ini didasarkan pada ide bahwa sebuah pemerintah menaikkan legitimasinya dan kecil kemungkinan menghadapi pemberontakan jika ia bisa memberikan keamanan pada penduduknya secara lebih baik. Tapi pendekatan ini mengandaikan bahwa sebagian besar penduduk tak memegang senjata, yang tidak terjadi di Afghanistan.
            Kemampuan pertahanan diri di Afghanistan telah secara historis diperlukan untuk melindungi diri dari berbagai macam ancaman. Setiap kampung punya sebuah alat tak formal untuk membela diri. Fakta bahwa mereka independen dari pemerintah berbuntut pada kekhawatiran bahwa mereka boleh jadi memihak para pemberontak.
            Tambah pula, agar Amerika Serikat mendapat dukungan dari pemimpin setiap daerah akan membutuhkan sesuatu yang serupa dengan suap dalam pandangan penguasa Barat. Di Afghanistan, apa yang dianggap korupsi di tempat lain diperlakukan sebagai pengaturan saling menguntungkan. Beroperasi tanpa patronase tak terbayangkan dan bahkan bisa-bisa menyinggung semua yang terlibat.
-->
Politik dan Pemerintahan Negara Kanada
            Secara historis kanada dikenal sebagai Dominion of Canada, yang mana negara ini terletak dibagian paling utara benua Amerika. Kanada juga merupakan negara terluas di bagian Amerika Utara. Selain itu negara ini juga tergolong negara yang maju. Yang mana perekonomian Kanada sekarang mendekati Amerika Serikat dengan sistem ekonomi pasar, pola produksi, dan standar hidup yang tinggi. Negara ini juga merupakan bekas jajahan Perancis dan Britania Raya.
            Sistem pemerintahan Kanada yakni demokrasi parlementer, federasi, dan monarki konstitusional. Sistem legal yang dipakai adalah hukum inggris, hukum sipil dari hukum Perancis, dan menerima keputusan yurisdiksi dari ICJ (international court of justice). Kepala negara adalah Queen Elizabeth II (since 6 februari 1952). Sedangkan yag memegang kepala pemerintahan adalah perdana menteri, yakni, David Johnston (sejak 1 oktober 2010). Selain itu terdapat hak istimewa sebagai kepala negara oleh gubernur jenderal yang diangkat oleh ratu atau nasihat dari perdana menteri Kanada.
Partai di Kanada ada banyak, terdiri dari 3 partai besar dan beberapa partai kecil lainnya. Partai besar itu antara lain, Partai Demokrat Baru, Partai Liberal Kanada, Partai Konservatif Kanada. Sedangkan metode pemilihan umum disini adalah memakai sistem monarki untuk kepala negaranya. Gubernur jenderal ditetapkan dengan nasihat dari perdana menteri secara monarki. Sedangkan perdana menterinya diangkat oleh gubernur jenderal yang biasanya pemimpin partai politik yang memegang kursi terbanyak dalam majelis perwakilan rendah. Cabang pemerintahan legislative yaitu parlemen yang memiliki dua kursi yaitu, Majelis Perwakilan Rendah dan Senat.
            Beberapa kelompok penekan dan pemimpinnya dalam perpolitikan Kanada antara lain berasal dari sektor pertanian, industry automobile, grup bisnis, industry kimia, bank komersial, sektor komunikasi, industry energy, kelompok lingkungan, kelompok administrasi publik, industri baja, dan persatuan perdagangan.
            Peradilan Kanada memainkan peran penting dalam mewujudkan hukum dan peraturan federal, provinsi, dan kota. Selanjutnya juga memiliki kekuasaan untuk menjatuhkan hukum yang melanggar konstitusi. Seluruh hakim pada tingkat superior, berwenang dalam hal naik banding dan mahkamah agung Kanada dipilih dan ditunjuk oleh pemerintah federal, setelah konsultasi dengan badan resmi non-pemerintah. Kedudukan pengadilan pada tingkat rendah dengan yurisdiksi terbatas pada suatu provinsi atau teritori, bertempat dimasing-masing pemerintahan provinsi atau teritori. Mahkamah Agung Kanada merupakan pemutus hukum yang terakhir.
            Sistem parlementer dan monarki yang dianut oleh negara Kanada ini adalah merupakan pengaruh dari colonial Perancis yang menjajah bangsa ini dulu nya. Sistem pemerintahan negara-negara parlementer yang biasanya mempunyai kepala negara seorang raja atau ratu merupakan hasil kebudayaan dari negara Eropa terutama negara Inggris, yang kemudian diambil oleh beberapa negara didunia untuk dipakai dalam sistem pemerintahan mereka.
-->
Perbandingan Politik Afganistan dengan Kanada
            Setelah meninjau dari berbagai sumber tentang perpolitikan kedua negara diatas, maka selanjutnya penulis akan mulai membandingkan politik dan juga pemerintahan negara-negara diatas, baik dalam hal persamaan, maupun perbedaannya.
            Walaupun Afganistan menggunakan sistem pemerintahan dengan republic islam, namun ssitem nya tersebut tidak lah jauh berbeda dengan demokrasi. Tertutama dalam hal pemilihan umum kepala negara. Jadi pemerintahan dan perpolitikan di negara Afganistan seperti yakni demokrasi presidential. Sedangkan di Canada, menggunakan sistem demokrasi parlementer beserta pemilihan nya untuk kepala negara adalah monarki.
            Selain itu, dalam sistem pemerintahan di Afganistan, kepala negara beserta kepala pemerintahan dipegang oleh orang yang sama, yakni presiden yang terpilih dalam pemilu. Sedangkan di Kanada, kepala negara dipegang oleh Ratu dan Jenderal Umum secara monarki, dan kepala pemerintah oleh Perdana menteri adalah pemegang suara terbanyak dari partai yang memenangkan di majelis perwakilan rendah.
            Kedua negara yang dibandingkan mempunyai partai yang banyak. Di Afganistan terdapat 8 partai besar, sedangkan di Kanada terdapat hanya 3 partai utama dan selebihnya adalah partai-partai kecil.
            Selanjutnya, kelompok-kelompok penekan di dua negara ini juga berbeda. Mungkin juga dipengaruhi oleh kemajuan dan perekonomian yang jauh berbeda antara kedua negara Afganistan dan Kanada, selain itu juga karena perbedaan budaya, agama dan sejarah. Di Kanada, kelompok penekan biasanya berada pada orang-orang yang memegang perekonomian di negara tersebut, seperti, sektor-sektor industry dan juga persatuan-persatuan perdagangan yang menguasai pasar. Sedangkan di Afganistan sendiri, kelompok penekan yang mempengaruhi pemerintah tersebut berasal dari kelompok-kelompok religious, kelompok suku, dan juga kelompok Taliban.
            Walaupun kedua negara diatas sama-sama menggunakan sistem demokrasi, namun hukum yang dipakai adalah berbeda. Di Kanada, hukum nya berasal dari hukum Inggris, kecuali di Provinsi Quebec yang menggunakan hukum Perancis. Perlu diingat dalam pemerintahan Kanada ini, provinsi Quebec sering berbeda pendapat dengan pemerintahan Kanada, sehingga mereka ingin memisahkan diri dari negara tersebut.
            Sedangkan di negara Afganistan, hukum nya ialah berdasarkan syariat islam. Memang kebanyakan sistem-sistem perpolitikan yang dipakai adalah berasal dari dunia barat, namun setelah penulis membaca sumber-sumber tentang perpolitikan negara ini, maka negara Afganistan memasukkan sistem barat namun tetap di saring dengan sistem islam. Dimana sistem-sistem yang dipakai tersebut tidak melenceng dari syariat agama islam.
            Selanjutnya, perpolitikan dan pemerintahan kedua negara diatas tidak bisa dijauhkan dari sejarah negara-negara tersebut. Pertama, Kanada yang menganut sistem demokrasi parlementer dan monarki konstitusi adalah bekas jajahan dari negara Eropa, yakni Perancis dan juga Britania Raya. Kebanyakan negara Eropa dulunya memakai sistem Monarki sebelum lahirnya liberalism di Amerika Serikat. Selanjutnya negara demokrasi parlementer merupakan pengaruh dari negara Inggris yang merupakan negara kerajaan pertama yang menganut sistem demokrasi parlementer tersebut dan juga tetap menerapkan sistem monarki konstitusional.
            Sedangkan sejarah di Afganistan sangatlah complicated atau rumit. Setelah dijajah oleh negara Eropa dan diberikan kemerdekaan pada tahun 1919, namun negara ini tetap berada pada posisi yang tidak menyenangkan. Karena pemerintahannya dalam memperebutkan kekuasaan adalah saling menjatuhkan atau menggulingkan kekuasaan. Selanjutnya pemerintahan di Afganistan ini juga dilalui oleh regim Taliban yang menduduki 95% wilayah dari Afganistan. Selanjunya, Amerika Serikat melakukan invansi terhadap Taliban di Afganistan dengan alasan Taliban telah membantu teroris yakni Osama Bin Laden dalam memberikan tempat persembunyian di Afganistan. Sehingga kemudian regim Taliban jatuh dan Afganistan kemudian dibantu oleh Amerika Serikat untuk membentuk pemerintahan baru yang lebih demokratis. Yakni pemerintahan yang sekarang dipegang oleh Presiden Hamid Karzai.
            Dalam pemerintahan Republik Islam di negara Afganistan juga mempunya birokrasi atau badan-badan pemerintahan seperti negara-negara demokrasi lain, yakni, badan eksekutif, legislative, dan yudikatif.
            Kemudian ada lagi perbedaan perpolitikan dan hukum yang dipakai oleh kedua negara Afganistan dan Kanada dalam dunia Internasional. Terutama dalam masalah pengadilan internasional.
            Negara Kanada menerima ICJ atau International Court of Justice sebagai badan peradilan internasional, sedangkan Afganistan tidak menerima ICJ sebagai badan peradilan internasional yang dapat mengadili mereka juga dalam negara internasional.
            Dari sini juga dapat dilihat bahwa negara-negara islam tidaklah jauh berbeda dengan negara-negara secular umumnya dalam menegakkan demokrasi. Sebenarnya dalam sejarah islam juga sudah dikenal lembaga supranasional seperti legilatif, eksekutif, dan yudikatif pada masa khalifah Umar Ibn Alkhattab. Yaitu, majelis syuro sebagai badan legislative, qodha sebagai badan yudikatif, dan khalifah sebagai badan eksekutif.
  -->
 kesimpulan
-->
            Setelah menganalisa kedua negara tersebut, nampaklah perbedaan sistem pemerintahan dari negara-negara tersebut, yang mana republic Islam Afganistan mewakili sistem Demokrasi Presidentil yang berdasarkan syariat islam, dan Kanada yang mewakili sistem demokrasi parlementer. Selain itu perekonomian, budaya, dan agama juga mempunyai pengaruh daram perpolitikan suatu negara. Bagi negara-negara yang perekonomiannya kuat dan maju, maka kekuasaan banyak dipegang oleh kelompok-kelompok yang mempunyai kekayaan dan menguasai pasar. Sedangkan pada negara religious, maka kekuasaan banyak dipegang oleh kelompok-kelompok religiusnya.
            Pemerintahan di Afganistan sekarang ini memang besar pengaruh Amerika Serikat terhadap perkembangan demokrasi nya. Ini tampak dari pendekatan yang dilakukan oleh AS terhadap Afganistan yang mulanya beralasan untuk menjatuhkan kekuasaan Taliban di Afganistan dan juga mengincar jaringan teroris terbesar didunia yaitu Al-Qaeda dan pemimpinnya Osama Bin Laden.
            Pemimpin yang berkuasa di Afganistan sekarang sebenarnya juga merupakan rekomendasi AS di sana. AS menginginkan pemimpin yang memerintah di Afganistan dapat memenuhi kepentingan-kepentingan nya di negara tersebut.
            Negara afganistan merupakan salah satu negara termiskin didunia. Dari data worldfactbook pendapatan perkapita negara ini pada tahun 2009 adalah US$ 1000. Negara ini merdeka pada tanggal 19 agustus 1919 dibawah control Inggris untuk urusan luar negeri Afganistan. Penduduk negara ini beragama mayoritas muslim dengan presentase 99% muslim dan 1% agama lain seperti kristiani, budha, dan lain-lain. Dengan melihat keadaan penduduk yang mayoritas muslim tersebut, maka tidak dipungkiri bahwa negara ini berbentuk Republik Islam, dengan nama konvensionalnya Islamic Republik of Afghanistan.
            Kanada merupakan negara terluas di bagian Amerika Utara. Selain itu negara ini juga tergolong negara yang maju. Yang mana perekonomian Kanada sekarang mendekati Amerika Serikat dengan sistem ekonomi pasar, pola produksi, dan standar hidup yang tinggi. Negara ini juga merupakan bekas jajahan Perancis dan Britania Raya.
            Sistem politik yang legal di Afganistan adalah berdasarkan campuran sipil dan syariah islam. Tipe pemerintahan negara ini adalah republic islam. Pemimpin negara ini sama seperti pemerintahan di negara demokrasi presidential, yakni, presiden sebagai kepala negara juga merangkap sebagai kepala pemerintahan.
            Sistem pemerintahan Kanada yakni demokrasi parlementer, federasi, dan monarki konstitusional. Sistem legal yang dipakai adalah hukum inggris, hukum sipil dari hukum Perancis, dan menerima keputusan yurisdiksi dari ICJ (international court of justice). Kepala negara adalah Queen Elizabeth II. Sedangkan yag memegang kepala pemerintahan adalah perdana menteri, yakni, David Johnston.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar